KAJIAN MASALAH SDM



TUGAS INDIVIDU
KAJIAN MASALAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA
( Penelitian Di SD Muhammadiyah Pringsewu Lampung pada kelas V )
DOSEN PENGAMPU : Dra. NOERHASMALINA, M.Pd


NAMA           : DWI ASNAWATI FITRIA
          NPM                 : 09 223 200
                    
 KELAS           : V A MATEMATIKA


Tutwuri warna.bmp






SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH
PRINGSEWU-LAMPUNG
2011/2012
DATA WAWANCARA UNTUK MENEMUKAN SEBUAH MASALAH DALAM PEMBELAJARAN

I.       IDENTITAS SEKOLAH
         1.   Nama Sekolah                                              :           SD Muhammadiyah Pringsewu
      2.   Status Terakreditasi     A                 :  Nomor : 12.06.Dd.0001.06 tanggal  16    Februari   2006
      3.   No.SK Pendirian.Ijin Operasional:      Nomor : 549/I-032/Lp-56/1977/ 1 Nopember 1977
         4.   N S S                                                :           10412010702
         5.   Alamat Sekolah                         
               a. Jalan                                             :           Jalan Jenderal Sudirman
               b. Desa Kelurahan                            :           Pringsewu Barat
               c. Kecamatan                                   :           Pringsewu
               d. Kabupaten                                   :           Pringsewu
               e. Provinsi                                        :           Lampung
               f. Nomor Telepon dan Faxymile      :           0729-21156 fax 0729-21156
               g. Website                                        :           www.sdmpringsewu-lpg.sch.id
               h.Email                                             :           pringsewusdm@yahoo.co.id
               i. Kode Pos                                      :           35373
         6.   Luas Tanah                                       :           2.048,50 m2    
               Luas Bangunan                                :           504 M2
               Status Kepemilikan                          :           Milik Persyarikatan Muhammadiyah
         7.   Nomor Rekening                              :           Nomor : 0358-01-017648.50.3
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
Visi :
Unggul Dalam Prestasi, Bertaqwa, Terampil Dan Berakhlak Mulia.
Misi :
a.   Melaksanakan Pembelajaran Dan Bimbingan Secara Efektif Dan Efisien Agar Siswa Mencapai Prestasi Yang Maksimal.
b.   Melakasanakan Kegiatan Keagamaan
c.   Memperbaiki Dan Melengkapi Sarana Dan Prasarana Belajar Sesuai Sistem Manajemen Sekolah
d.   Membentuk Keterampilan Siswa Sesuai Perkembangan
e.   Membentuk Akhlak Siswa Sesuai Dengan Karakter Agama dan Bangsa. 
Tujuan
Tujuan Pendidikan di SD Muhammadiyah Pringsewu
Secara khusus tujuan pendidikan di SD Muhammadiyah Pringsewu adalah :
  1. Dapat mengamalkan ajaran islam yang sebenarnya sesuai dengan Al-quran dan Al-Hadist serta berakhlak mulia, cakap, terampil  dan percaya pada diri sendiri.
  2. Meraih prestasi akademik dan non akademik semaksimal mungkin sesuai dengan harapan orangtua dan pemerintah.
  3. Menguasai keterampilan dan pengetahuan dasar-dasar teknologi.
  4. Menjadikan sekolah yang diminati masyarakat
  5. Menjadikan sekolah yang disiplin, aktif kreatif dan mandiri.
  6. Standar Pelayanan minimal katagori
  7. Kultur Sekolah
  8. Akreditasi Sekolah Terakreditasi  A : tahun 2006
Identitas guru yang diwawancara :
                                                                        Nama                              : Muslihan
                                                                        Jenis Kelamin                : Laki - Laki
Tempat Tanggal Lahir : Pringsewu, 16 - 08 - 1962
Jabatan                          : Guru tetap
 Status                                       : NON PNS
Riwayat Pendidikan :
1.      SD MIN Pringsewu Th. 1976
2.      SMP N 1 Pringsewu Th.1982
3.      SMA N 1 Pringsewu Th. 1984
4.      Perguruan Tinggi Universitas Lampung jurusan MTK

Ijazah Terakhir          : DIII MTK Di Universitas Lampung
Alamat                     : Perumnas Pringsewu
Status Mengajar        : Guru Matematika
Pengalaman Mengajar :
1.              SMP MAN Pringsewu pada th. 1990 – 1995
2.              SD Muhammadiyah Pringsewu th. 1998 – sekarang.

Data hasil wawancara :
Pertanyaan : Kelas berapa sajakah yang Anda ajar di sekolah ini ?
Ø  Jawaban          : saya mengajar di kelas 5 dan 6
Pertanyaan : bagaimanakah cara anda mengajar ?
Ø  Jawaban : saya mengajar dengan cara yang rileks, agar siswa tidak terlalu tegang dan serius sehingga membuat siswa merasa terbebani oleh pelajaran. Saya juga menggunakan metode PAIKEM, Diskusi dan yang pasti sebelumnya selalu menggunakan metode ceramah pada awal mulai pembelajaran untuk memberikan motivasi, penjelasan tentang materi yang akan di berikan dan pengarahannya. Intinya saya selalu berusaha agar pembelajaran matematika itu menyenangkan dan disukai oleh siswa.
Pertanyaan : Apakah sajakah kesulitan yang sering anda alami saat mengajar?
Ø  Jawaban : Kesulitan yang saya alami adalah cara menyesuaikan kemampuan siswa yang berbeda-beda, sehingga saya sulit untuk memberikan soal yang sesuai dengan kemampuan siswa yang bebeda-beda tersebut dan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tapi sejauh ini saya masih biasa mengatasinya dan Alhamdulillah hasil belajar siswa pun rata-rata sudah memenuhi KKM.
Pertanyaan : kesulitan apakah yang siswa sendiri alami pada materi mata pelajaran matematika?
Ø  Jawaban : kesulitan siswa dalam mata pelajaran matematika adalah
1.      kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, siswa masih kurang bisa untuk menelaah soal cerita.
2.      Kesulitan siswa SD kelas V dan IV dalam operasi hitung perkalian dan pembagian, Siswa masih belum mampu untuk menghitung perkalian dan pembagian dengan cepat.
3.      Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika yang baru diberikan.siswa kurang dapat mengaplikasikan rumus matematika yang sudah diberikan pada saat mengerjakan soal.
Pertanyaan : bagaimanakan cara anda mengatasi kesulitan siswa tersebut ?
Ø  Saya  menekankan untuk siswa dapat memahai konsep dan menghafalkan perkalian dan pembagian dari 1-100.agar siswa lebih paham dan dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan  operasi hitung perkalian dan pembagian.
Ø  Siswa di beri contoh dan latihan-latihan soal untuk di kerjakan agar siswa lebih paham terhadap materi yang diberikan terutama soal dalam bentuk  cerita.
Ø  Saya selalu memberikan tugas terstruktur atau PR kepada siswa agar siswa tidak hanya belajar jika di sekolah tapi belajar pada saat di rumah.
Pertanyaan : Apakah harapan anda kedepan untuk profesi anda ?
Ø  Jawaban : harapan saya,saya ingin menjadi guru yang professional, disiplin dan di senangi oleh siswa saya.
Pertanyaan : Apakah anda sudah merasa maksimal dengan kinerja anda selama ini?
Ø  Jawaban : saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan saya juga merasa sudah maksimal dengan kinerja saya selama ini.
Pertanyaan : upaya- upaya apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik?
Jawaban : Upaya – upaya guru dalam meningkatkan pembelajaan peserta didik :
1.      Guru melakukan pendekatan terhadap siswa,
2.      Guru melakukan pengelolaan kelas dengan baik,
3.      Guru menggunakan metode mengajar yang baik dan sesuai dengan pembelajaran,
4.      Guru melakukan persiapan materi sebelum mengajar di kelas.

Data yang diamati :
Hasil ulangan harian siswa kelasV SD Muhammadiyah Pringsewu.
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas                                       : V (Lima)
Pokokbahasan                         : Operasi hitung bilangan bulat
KompetensiDasar                    :Mempelajari sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat, perpangkatan tiga, penarikan akar pangkat tiga, serta FPB dan KPK.




TABEL
HASIL ULANGAN HARIAN
NO.
NAMA
L/P
NILAI
KETERANGAN
1.
Adinda Fikri Al-Farid  
P
80
TUNTAS
2.
Ajimas Nuswantoro  
L
82
TUNTAS
3.
Ahmad Husni Fadila  
L
75
TUNTAS
4.
Amalia Choirunnisa  
P
67
TUNTAS
5.
Aldi Firmansyah  
L
70
TUNTAS
6.
Amelia Fadilla  
P
65
TUNTAS
7.
Alifia Yasinta  
P
85
TUNTAS
8.
Andre Putra Pratama  
L
73
TUNTAS
9.
Ardia Azizah  
P
67
TUNTAS
10.
Ari Yunansyah  
L
80
TUNTAS
11.
Barialdo Darmawan  
L
69
TUNTAS
12.
Bastyan Dimas Prayoga  
L
65
TUNTAS
13.
Cik Rava Naluri  
P
63
BELUM TUNTAS
14.
Candra Septianto Wibowo  
L
65
TUNTAS
15.
Dani Ahmad maulana  
L
50
BELUM TUNTAS
16.
Edi Purnomo
L
67
TUNTAS
17.
Deri Faisal  
L
70
TUNTAS
18.
Enda Tri Ifanda  
P
75
TUNTAS
19.
Gita Audria Salsabila  
P
100
TUNTAS
20.
Eva Shofia Al-Kausar  
P
80
 TUNTAS
21.
Intan Narinda Sania  
P
72
TUNTAS
22.
Fadel Muhammad
L
70
TUNTAS
23.
Firas   Jannati Ayu Tasya  
P
67
TUNTAS
24.
Fadilah Prasojo  
L
67
TUNTAS
25.
Lulu Rafika Putri  
P
73
TUNTAS
26.
Feline Clora Midine  
P
80
TUNTAS
27
M. Arkan Lamiday
L
75
TUNTAS
28
Hirda Rakastina Putri  
P
100
TUNTAS
29
M. Dayu Nugraha  
L
67
TUNTAS
30
Iqbal Al-Hasanni  
L
70
TUNTAS
31
M. Farhan Hidayat  
L
75
TUNTAS
32
Irfan Pramuditia  
L
80
TUNTAS
33
M. Ikhsan Pradana  
L
53
BELUM TUNTAS
34
Kaisar Ramadhan  
L
67
TUNTAS
35
M. Irfan Fauzi  
L
70
TUNTAS
36
Lulu Naziroh  
P
80
TUNTAS
37
M. Obi Ramadhan  
L
73
TUNTAS
38
M. Adnan Sabililhaq
L
90
TUNTAS
39
M. Renaldi munandar  
L
85
TUNTAS
40
M. Almadani  
L
67
TUNTAS
Soal ulangan yang diberikan pada siswa kelas V :
1.      Nilai dari 3 × (4 + 5) =

a.         (3 × 4) + (3 × 5)
b.         (3 + 4) x (3 + 5)
c.         (3 x 4) x (3 x 5)
d.        (3 x 4) + (3 + 5)

2.      Hasil dari 8 × 123 =
a.       985
b.      986
c.       987
d.      968


3.      3 × (4 – 5) =
a.       -4
b.      -3
c.       -5
d.      -6

4.      Tentukanlah KPK dari 8, 16, dan 40..
a.         8
b.         16
c.         40
d.        80


5.      Perhatikan gambar !
Kalimat matematika pada diagram anak panah di atas yang benaradalah… .
a.         n + 4 = -4
b.         n + (-4) = 4
c.         4 + n = -4
d.        –4 + n = 4







6.      Akar pangkat tiga dari 125 adalah…
a.    3
b.    4
c.    5
d.   6


7.        Tentukan nilai dari  23  +  22  =
a.    12
b.    13
c.    14
d.   15

8.      Pak Yudi memiliki 12 apel dan 18 jeruk. Apel dan jeruk tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Berapa kantong plastik yang dibutuhkan, jika setiap
kantong berisi apel dan jeruk dengan jumlah yang sama?
a.       5 buah kantong plastik
b.      6 buah kantong plastik
c.       7 buah kantong plastik
d.      8 buah kantong plastic

9.      Hasil dari
a.       4
b.      5
c.       6
d.      8

10.  Pak Teguh mendapat tugas piket disekolah setiap 12 hari sekali. Pak Didi mendapat tugas piket setiap 18 hari sekali. Tanggal 1 Juli 2007 mereka mendapat tugas piket secara bersamaan. Kapan mereka akan mendapat tugas piket secara bersamaan untuk yang kedua?
a.    37 hari
b.    38 hari
c.    39 hari
d.   36 hari


KAJIAN MASALAH :
KONDISI IDEAL
KONDISI REAL
KESENJANGAN
Ø  Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dengan baik.
Ø  Siswa dianggap tuntas jika telah mencapai nilai minimal (KKM) 64.
Ø  Setelah proses pembelajaran ternyata masih ada siswa yang belum mampu menyelesaikan soal-soal operasi hitung bilangan bulat dengan baik.
Ø  Masih ada siswa yang belum mencapai KKM 64.
Ø  Tujuan pembelajaran yang diharapkan belum dapat tercapai sepenuhnya.

Ø  Masih ada siswa yang belum tuntas pada kompetensi dasar tersebut.

KESIMPULAN (MASALAH YANG DITEMUKAN)
Berdasarkan data, wawancara, dan kajian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa masalah yang terjadi dalam pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Pringsewu adalah belum tercapainya tujuan pembelajaran pada kompetensi Dasar  Mempelajari sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat, perpangkatan tiga, penarikan akar pangkat tiga, serta FPB dan KPK.
Penyebab timbulnya masalah menurut hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran yang bersangkutan.
Menurut guru :
Rata – rata kesulitan yang dialami siswa SD kelas V adalah pada Pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat karena merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami oleh siswa secara menyeluruh, terutama pada perhitungan bilangan-bilangan bulat perpangkatan tiga, penarikan akar pangkat tiga, serta FPB dan KPK.Dan kurang matangnya konsep operasi hitung bilangan pada awal materi tersebut diberikan. Dan kurangnya motivasi siswa untuk mempelajarinya kembali.

Menurut pengamat :
Kurangnya minat belajar siswa atau motivasi siswa dalam pelajaran matematika, karena menurut mereka matematika adalah pelajaran yang sulit. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih belum maksimal. Atau cara guru menyampaikan materi yang belum dapat siswa pahami. Masih adanya siswa yang belum tuntas menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran belum sepenuhnya tercapai, namun bukan berarti guru belum berhasil, karena pada kenyataannya banyak siswa yang mendapat nilai baik .hal ini dapat teratasi dengan cara guru selalu melatih siswa dan memotivasi siswa agar siswa tetap semangat dalam belajar dan menyukai pelajaran MTK. Atau guru dapat memberikan pelajaran tambahan ( bimbel )pada siswa di luar jam sekolah, agar pada saat belajar di kelas siswa sudah mempunyai bekal materi yang akan dipelajari, dan agar konsep yang di berikan dapat siswa pahami dengan baik.




0 Response to "KAJIAN MASALAH SDM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel