KAJIAN MASALAH SDM
Sunday, April 9, 2017
Add Comment
TUGAS INDIVIDU
( Penelitian Di SD Muhammadiyah
Pringsewu Lampung pada kelas V )
DOSEN
PENGAMPU : Dra. NOERHASMALINA, M.Pd
NAMA : DWI ASNAWATI FITRIA
NPM : 09 223 200
KELAS : V A MATEMATIKA
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) MUHAMMADIYAH
PRINGSEWU-LAMPUNG
2011/2012
DATA
WAWANCARA UNTUK MENEMUKAN SEBUAH MASALAH DALAM PEMBELAJARAN
I. IDENTITAS
SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SD Muhammadiyah Pringsewu
2. Status
Terakreditasi A : Nomor : 12.06.Dd.0001.06 tanggal 16
Februari 2006
3.
No.SK Pendirian.Ijin Operasional: Nomor : 549/I-032/Lp-56/1977/ 1 Nopember
1977
4. N
S S : 10412010702
5. Alamat
Sekolah
a. Jalan : Jalan Jenderal Sudirman
b. Desa Kelurahan : Pringsewu Barat
c. Kecamatan : Pringsewu
d. Kabupaten : Pringsewu
e. Provinsi : Lampung
f. Nomor Telepon dan Faxymile : 0729-21156
fax 0729-21156
i. Kode Pos : 35373
6. Luas
Tanah : 2.048,50 m2
Luas Bangunan : 504 M2
Status Kepemilikan : Milik Persyarikatan Muhammadiyah
7. Nomor
Rekening : Nomor : 0358-01-017648.50.3
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
Visi :
Unggul
Dalam Prestasi, Bertaqwa, Terampil Dan Berakhlak Mulia.
Misi :
a.
Melaksanakan Pembelajaran Dan Bimbingan Secara Efektif Dan Efisien Agar Siswa
Mencapai Prestasi Yang Maksimal.
b. Melakasanakan Kegiatan Keagamaan
c. Memperbaiki Dan Melengkapi Sarana Dan Prasarana Belajar Sesuai Sistem Manajemen Sekolah
d. Membentuk Keterampilan Siswa Sesuai Perkembangan
e. Membentuk Akhlak Siswa Sesuai Dengan Karakter Agama dan Bangsa.
b. Melakasanakan Kegiatan Keagamaan
c. Memperbaiki Dan Melengkapi Sarana Dan Prasarana Belajar Sesuai Sistem Manajemen Sekolah
d. Membentuk Keterampilan Siswa Sesuai Perkembangan
e. Membentuk Akhlak Siswa Sesuai Dengan Karakter Agama dan Bangsa.
Tujuan
Tujuan
Pendidikan di SD Muhammadiyah Pringsewu
Secara khusus tujuan pendidikan di SD Muhammadiyah Pringsewu adalah :
Secara khusus tujuan pendidikan di SD Muhammadiyah Pringsewu adalah :
- Dapat mengamalkan ajaran islam yang sebenarnya sesuai dengan Al-quran dan Al-Hadist serta berakhlak mulia, cakap, terampil dan percaya pada diri sendiri.
- Meraih prestasi akademik dan non akademik semaksimal mungkin sesuai dengan harapan orangtua dan pemerintah.
- Menguasai keterampilan dan pengetahuan dasar-dasar teknologi.
- Menjadikan sekolah yang diminati masyarakat
- Menjadikan sekolah yang disiplin, aktif kreatif dan mandiri.
- Standar Pelayanan minimal katagori
- Kultur Sekolah
- Akreditasi Sekolah Terakreditasi A : tahun 2006
Identitas
guru yang diwawancara :
Nama : Muslihan
Jenis
Kelamin : Laki - Laki
Tempat Tanggal Lahir : Pringsewu, 16 -
08 - 1962
Jabatan : Guru tetap
Status : NON PNS
Riwayat Pendidikan :
1. SD
MIN Pringsewu Th. 1976
2. SMP
N 1 Pringsewu Th.1982
3. SMA
N 1 Pringsewu Th. 1984
4. Perguruan
Tinggi Universitas Lampung jurusan MTK
Ijazah
Terakhir : DIII MTK Di
Universitas Lampung
Alamat :
Perumnas Pringsewu
Status
Mengajar : Guru Matematika
Pengalaman
Mengajar :
1.
SMP MAN Pringsewu pada th. 1990 – 1995
2.
SD Muhammadiyah Pringsewu th. 1998 –
sekarang.
Data hasil
wawancara :
Pertanyaan
: Kelas berapa sajakah yang Anda ajar di sekolah ini ?
Ø Jawaban : saya mengajar di kelas 5 dan 6
Pertanyaan : bagaimanakah cara anda mengajar ?
Ø Jawaban
: saya mengajar dengan cara yang rileks, agar siswa tidak terlalu tegang dan
serius sehingga membuat siswa merasa terbebani oleh pelajaran. Saya juga
menggunakan metode PAIKEM, Diskusi dan yang pasti sebelumnya selalu menggunakan
metode ceramah pada awal mulai pembelajaran untuk memberikan motivasi,
penjelasan tentang materi yang akan di berikan dan pengarahannya. Intinya saya
selalu berusaha agar pembelajaran matematika itu menyenangkan dan disukai oleh
siswa.
Pertanyaan
: Apakah sajakah kesulitan yang sering anda alami saat mengajar?
Ø Jawaban
: Kesulitan yang saya alami adalah cara menyesuaikan kemampuan siswa yang
berbeda-beda, sehingga saya sulit untuk memberikan soal yang sesuai dengan
kemampuan siswa yang bebeda-beda tersebut dan yang dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Tapi sejauh ini saya masih biasa mengatasinya dan Alhamdulillah
hasil belajar siswa pun rata-rata sudah memenuhi KKM.
Pertanyaan
: kesulitan apakah yang siswa sendiri alami pada materi mata pelajaran
matematika?
Ø Jawaban
: kesulitan siswa dalam mata pelajaran matematika adalah
1. kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita, siswa masih kurang bisa untuk menelaah
soal cerita.
2.
Kesulitan siswa
SD kelas V dan IV dalam operasi hitung perkalian dan pembagian, Siswa masih belum
mampu untuk menghitung perkalian dan pembagian dengan cepat.
3. Kurangnya pemahaman
siswa terhadap konsep matematika yang baru diberikan.siswa kurang dapat mengaplikasikan rumus matematika
yang sudah diberikan pada saat mengerjakan soal.
Pertanyaan
: bagaimanakan cara anda mengatasi kesulitan siswa tersebut ?
Ø Saya menekankan untuk siswa dapat memahai konsep dan menghafalkan perkalian dan pembagian dari
1-100.agar siswa lebih paham dan dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal
yang berkaitan dengan operasi hitung
perkalian dan pembagian.
Ø Siswa di beri contoh
dan latihan-latihan soal untuk di kerjakan agar siswa lebih paham terhadap
materi yang diberikan terutama soal
dalam bentuk cerita.
Ø Saya selalu memberikan tugas terstruktur atau PR
kepada siswa agar siswa tidak hanya belajar jika di sekolah tapi belajar pada
saat di rumah.
Pertanyaan
: Apakah harapan anda kedepan untuk profesi anda ?
Ø Jawaban
: harapan saya,saya ingin menjadi guru yang professional, disiplin dan di
senangi oleh siswa saya.
Pertanyaan
: Apakah anda sudah merasa maksimal dengan kinerja anda selama ini?
Ø Jawaban
: saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan saya juga merasa sudah
maksimal dengan kinerja saya selama ini.
Pertanyaan
: upaya- upaya apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk meningkatkan
pembelajaran peserta didik?
Jawaban
: Upaya – upaya guru dalam meningkatkan
pembelajaan peserta didik :
1.
Guru melakukan pendekatan terhadap siswa,
2.
Guru melakukan pengelolaan kelas dengan baik,
3.
Guru menggunakan metode mengajar yang baik dan sesuai dengan
pembelajaran,
4.
Guru melakukan persiapan materi sebelum mengajar di kelas.
Data
yang diamati :
Hasil ulangan harian
siswa kelasV SD Muhammadiyah Pringsewu.
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : V (Lima)
Pokokbahasan :
Operasi hitung bilangan bulat
KompetensiDasar :Mempelajari
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat, perpangkatan tiga, penarikan
akar pangkat tiga, serta FPB dan KPK.
TABEL
HASIL
ULANGAN HARIAN
NO.
|
NAMA
|
L/P
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
1.
|
Adinda Fikri Al-Farid
|
P
|
80
|
TUNTAS
|
2.
|
Ajimas Nuswantoro
|
L
|
82
|
TUNTAS
|
3.
|
Ahmad Husni Fadila
|
L
|
75
|
TUNTAS
|
4.
|
Amalia Choirunnisa
|
P
|
67
|
TUNTAS
|
5.
|
Aldi Firmansyah
|
L
|
70
|
TUNTAS
|
6.
|
Amelia Fadilla
|
P
|
65
|
TUNTAS
|
7.
|
Alifia Yasinta
|
P
|
85
|
TUNTAS
|
8.
|
Andre Putra Pratama
|
L
|
73
|
TUNTAS
|
9.
|
Ardia Azizah
|
P
|
67
|
TUNTAS
|
10.
|
Ari Yunansyah
|
L
|
80
|
TUNTAS
|
11.
|
Barialdo Darmawan
|
L
|
69
|
TUNTAS
|
12.
|
Bastyan Dimas Prayoga
|
L
|
65
|
TUNTAS
|
13.
|
Cik Rava Naluri
|
P
|
63
|
BELUM TUNTAS
|
14.
|
Candra Septianto Wibowo
|
L
|
65
|
TUNTAS
|
15.
|
Dani Ahmad maulana
|
L
|
50
|
BELUM TUNTAS
|
16.
|
Edi Purnomo
|
L
|
67
|
TUNTAS
|
17.
|
Deri Faisal
|
L
|
70
|
TUNTAS
|
18.
|
Enda Tri Ifanda
|
P
|
75
|
TUNTAS
|
19.
|
Gita Audria Salsabila
|
P
|
100
|
TUNTAS
|
20.
|
Eva Shofia Al-Kausar
|
P
|
80
|
TUNTAS
|
21.
|
Intan Narinda Sania
|
P
|
72
|
TUNTAS
|
22.
|
Fadel Muhammad
|
L
|
70
|
TUNTAS
|
23.
|
Firas Jannati Ayu Tasya
|
P
|
67
|
TUNTAS
|
24.
|
Fadilah Prasojo
|
L
|
67
|
TUNTAS
|
25.
|
Lulu Rafika Putri
|
P
|
73
|
TUNTAS
|
26.
|
Feline Clora Midine
|
P
|
80
|
TUNTAS
|
27
|
M. Arkan Lamiday
|
L
|
75
|
TUNTAS
|
28
|
Hirda Rakastina Putri
|
P
|
100
|
TUNTAS
|
29
|
M. Dayu Nugraha
|
L
|
67
|
TUNTAS
|
30
|
Iqbal Al-Hasanni
|
L
|
70
|
TUNTAS
|
31
|
M. Farhan Hidayat
|
L
|
75
|
TUNTAS
|
32
|
Irfan Pramuditia
|
L
|
80
|
TUNTAS
|
33
|
M. Ikhsan Pradana
|
L
|
53
|
BELUM TUNTAS
|
34
|
Kaisar Ramadhan
|
L
|
67
|
TUNTAS
|
35
|
M. Irfan Fauzi
|
L
|
70
|
TUNTAS
|
36
|
Lulu Naziroh
|
P
|
80
|
TUNTAS
|
37
|
M. Obi Ramadhan
|
L
|
73
|
TUNTAS
|
38
|
M. Adnan Sabililhaq
|
L
|
90
|
TUNTAS
|
39
|
M. Renaldi munandar
|
L
|
85
|
TUNTAS
|
40
|
M. Almadani
|
L
|
67
|
TUNTAS
|
Soal
ulangan yang diberikan pada siswa kelas V :
1.
Nilai dari 3 × (4 + 5) =
a.
(3 × 4) + (3 × 5)
b.
(3 + 4) x (3 + 5)
c.
(3 x 4) x (3 x 5)
d.
(3 x 4) + (3 + 5)
2.
Hasil dari 8 × 123 =
a. 985
b. 986
c. 987
d. 968
3.
3 × (4 – 5) =
a.
-4
b.
-3
c.
-5
d.
-6
4.
Tentukanlah KPK dari 8, 16, dan 40..
a.
8
b.
16
c.
40
d.
80
5.
Perhatikan gambar !
Kalimat
matematika pada diagram anak panah di atas yang benaradalah… .
a.
n + 4 = -4
b.
n + (-4) = 4
c.
4 + n = -4
d.
–4 + n = 4
|
6.
Akar pangkat tiga dari 125 adalah…
a.
3
b.
4
c.
5
d.
6
7.
Tentukan nilai dari 23 + 22 =
a.
12
b.
13
c.
14
d.
15
8.
Pak Yudi memiliki 12 apel dan 18 jeruk. Apel dan jeruk
tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Berapa kantong plastik
yang dibutuhkan, jika setiap
kantong berisi apel dan jeruk dengan jumlah
yang sama?
a. 5 buah kantong plastik
b. 6 buah kantong plastik
c. 7 buah kantong plastik
d. 8 buah kantong plastic
9.
Hasil dari
a. 4
b. 5
c. 6
d. 8
10. Pak Teguh mendapat tugas piket disekolah
setiap 12 hari sekali. Pak Didi mendapat tugas piket setiap 18 hari sekali.
Tanggal 1 Juli 2007 mereka mendapat tugas piket secara bersamaan. Kapan
mereka akan mendapat tugas piket secara bersamaan untuk yang kedua?
a.
37 hari
b.
38 hari
c.
39 hari
d.
36 hari
|
KAJIAN
MASALAH :
KONDISI
IDEAL
|
KONDISI
REAL
|
KESENJANGAN
|
Ø Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menyelesaikan soal-soal berkaitan
dengan operasi hitung bilangan bulat dengan baik.
Ø Siswa
dianggap tuntas jika telah mencapai nilai minimal (KKM) 64.
|
Ø Setelah
proses pembelajaran ternyata masih ada siswa yang belum mampu menyelesaikan soal-soal
operasi hitung bilangan bulat dengan baik.
Ø Masih
ada siswa yang belum mencapai KKM 64.
|
Ø Tujuan
pembelajaran yang diharapkan belum dapat tercapai sepenuhnya.
Ø Masih
ada siswa yang belum tuntas pada kompetensi dasar tersebut.
|
KESIMPULAN
(MASALAH YANG DITEMUKAN)
Berdasarkan data, wawancara, dan kajian yang
dilakukan, dapat disimpulkan bahwa masalah yang terjadi dalam pembelajaran
matematika di SD Muhammadiyah Pringsewu adalah belum tercapainya tujuan
pembelajaran pada kompetensi Dasar Mempelajari sifat-sifat operasi hitung pada bilangan bulat,
perpangkatan tiga, penarikan akar pangkat tiga, serta FPB
dan KPK.
Penyebab
timbulnya masalah menurut hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran yang
bersangkutan.
Menurut guru :
Rata – rata kesulitan yang dialami siswa SD kelas V
adalah pada Pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat karena merupakan salah
satu materi yang masih sulit dipahami oleh siswa secara menyeluruh, terutama
pada perhitungan bilangan-bilangan bulat perpangkatan tiga, penarikan akar pangkat tiga, serta FPB
dan KPK.Dan
kurang matangnya konsep operasi hitung bilangan pada awal materi tersebut
diberikan. Dan kurangnya motivasi siswa untuk mempelajarinya kembali.
Menurut pengamat :
Kurangnya
minat belajar siswa atau motivasi siswa dalam pelajaran matematika, karena
menurut mereka matematika adalah pelajaran yang sulit. Sehingga berdampak pada
hasil belajar siswa yang masih belum maksimal. Atau cara guru menyampaikan
materi yang belum dapat siswa pahami. Masih
adanya siswa yang belum tuntas menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran belum sepenuhnya
tercapai, namun bukan berarti guru belum berhasil, karena pada kenyataannya
banyak siswa yang mendapat nilai baik .hal ini dapat teratasi dengan cara guru
selalu melatih siswa dan memotivasi siswa agar siswa tetap semangat dalam
belajar dan menyukai pelajaran MTK. Atau guru dapat memberikan pelajaran
tambahan ( bimbel )pada siswa di luar jam sekolah, agar pada saat belajar di kelas
siswa sudah mempunyai bekal materi yang akan dipelajari, dan agar konsep yang
di berikan dapat siswa pahami dengan baik.
0 Response to "KAJIAN MASALAH SDM"
Post a Comment