SISTEM INFORMASI PERUMAHAN BERBASIS WEBSITE PADA CV RIDHO KARYA MANDIRI BANDAR LAMPUNG




SISTEM INFORMASI PERUMAHAN BERBASIS WEBSITE
 PADA
CV RIDHO KARYA MANDIRI BANDAR LAMPUNG

TUGAS AKHIR

Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Menyelesaikan
Program Studi Manajemen Informatika (M- I) STMIK Pringsewu Lampung

Oleh
Yan Syah Putra
13201092



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMASI DAN KOMPUTER
(STMIK) PRINGSEWU LAMPUNG
2016


KATA PENGATAR

Segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Tugas Akhir yang berjudul “Sistem Informasi Perumahan Berbasis Website pada CV Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung” sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendididkan D-3 Manajemen Informatika (STMIK) Pringsewu. Dan pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs.Fauzi, S.E. ,M.Kom, Akt.  Ketua Yayasan Startech Pringsewu.
2.      Ibu Rita Irviani, S.E., M.M., selaku Ketua STMIK Pringsewu.
3.      Ibu Elizabet Yunaeti A., M.T.I Ketua Jurusan STMIK Pringsewu.
4.      Ibu Kasmi, S.E., M.M selaku Wakil Ketua II STMIK Pringsewu.
5.      Bapak Nur Aminuddin, M.T.I  Selaku Wakil Ketua  III STMIK Pringsewu.
6.      Bapak Yudistira Ardana, M.E selaku pembimbing 1 yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama ini kepada penulis dalam penyelesaian Tugas Akhir ini.
7.      Ibu Wahyu Sulistianing B, S,Kom  selaku pembimbing 2 yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama ini kepada penulis dalam penyelesaian Tugas Akhir ini.
8.      Bapak M. Muslihudin M.TI., Selaku ketua LPPM STMIK Pringsewu.
9.      Bapak Sutejo, M.TI. Selaku kepala Laboraturium STMIK Pringsewu.
10.  Ibu Dra. Tri Yuli Astuti, selaku Kepala Perpustakaan STMIK Pringsewu.
11.  Bapak Oktavianto, S.Kom,.M.TI., Selaku Ketua Program Studi Manajemen Informatika STMIK Pringsewu.
12.  Seluruh Bapak dan Ibu Dosen serta staf STMIK Pringsewu.
13.  Rekan-rekan seperjuangan.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan Tugas Akhir ini sangat jauh dari kesempurnaan dikarenakan masih terbatasnya pengetahuan penulis. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk kemajuan dan kesempurnaan Tugas Akhir ini dimasa yang akan datang. Penulis juga berharap semoga Tugas Akhir ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
        Pringsewu,    September 2016
                                                                                                     penulis

                                                                                                Yan Syah Putra
 

MOTTO

Jangan lakukan seuatu yang akan membuatmu menyesal dikemudian hari.
(Yan Syah Putra)


PENGESAHAN TUGAS AKHIR

Tugas Akhir ini Telah diuji dah disetujui
Pada Sidang Tugas Akhir Program D- 3
STMIK Pringsewu dan dinyatakan


Pringsewu,
Mengetahui dan menyetujui

Pembimbing I           


Yudistira Ardana
NIDN. 202068702

Pembimbing II


Wahyu Sulistianing B, S.kom

Ketua STMIK Pringsewu


Rita Irviani, SE., M.M
       NIDN. 0223097201   

Ketua Progran Studi


   Oktavianto, S.Kom., M.T.I
   NIDN. 0212108302

 




BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Saat ini perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat dan berkembang, terutama perkembangan dan kemajuan perangkat lunak dalam menyajikan berbagai kebutuhan informasi dan layanan digital terhadap pengguna yang semakin beragam dan inovatif. Tetapi sangat banyak diantara kebutuhan perangkat lunak yang dibangun namun tidak dapat memenuhi tujuan awal perangkat lunak tersebut dibangun dan bahkan mengecewakan pengguna yang memakainya.  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai dengan kemajuan dibidang teknologi.

Seperti saat ini  keberadaan internet atau penjualan secara online yaitu sebagai media untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi suatu produk yang akan dijual, website merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan dalam dunia bisnis khususnya penjualan pada saat ini,  namun proses yang dijalankan selama ini masih bersifat manual yaitu dengan cara pembeli harus datang dan melihat lansung barang-barang yang dijual, serta informasi yang diberikan hanya melalui mulut ke mulut. Maka sangat disarankan untuk membangun sebuah aplikasi website secara online, karena aplikasi ini dapat dijangkau dengan mudah dimanapun dan kapanpun oleh kalangan masyarakat dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan media teknologi website. Penyajian informasi yang dilakukan secara online akan berjalan secara maksimal dan saling menguntungkan berbagai pihak yang terkait didalamnya.

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin canggih dan pesat perkembangannya  telah tercipta berbagai macam peluang bisnis bagi para pedagang untuk bertransaksi dengan menggunakan media elektronik, tetapi pemanfaatannya masih belum optimal, yaitu terbukti dengan masih banyaknya pelanggan yang harus meluangkan waktu serta biaya untuk datang ke suatu toko hanya untuk membeli atau mencari informasi mengenai barang-barang yang mereka suka, dengan demikian hadirnya Website Sistem Informasi merupakan salah satu keunggulan dari Internet, adapun Manfaat dari keberadaan internet atau Sistem Informasi secara online yaitu sebagai media untuk mempermudah dalam memasarkan suatu produk  yang akan dijual, website Sistem Informasi merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan dalam dunia bisnis khususnya penjualan pada saat ini, selain itu juga dapat dijangkau dengan mudah oleh kalangan masyarakat dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan media teknologi website.

Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Seperti pada www.Lazzada.com yang memasarkan berbagai jenis handphone, baju pria,  jaket, baju anak-anak, secara online, pemasaran dilakukan dengan membuat situs website yang  dapat melakukan transaksi kapan saja, sistem transaksi yang di gunakan adalah dengan  cara menggunakan kartu kredit,  bagi konsumen yang ingin order tidak perlu login hanya dengan menghubungi nomor telepon yang telah tersedia bisa langsung telepon atau sms, keuntungan sangat besar karna tidak harus mengeluarkan biaya promosi, cukup dengan mempublikasikan situs website, dalam masalah transaksi atau pengiriman produk juga tidak mengeluarkan biaya yang besar dikarenakan harga yang dibayar oleh pembeli termasuk biaya pengiriman produk, sampai dengan  produk tersebut diterima pembeli.

Contoh lain seperti pada www.citraraya.com yang menyajikan berbagai Informasi seputar dunia property secara online, penyajian informasi dilakukan dengan membuat situs website yang  dapat memberikan Informasi  kapan saja, bagi konsumen yang ingin mencari Informasi lebih detail bisa langsung login atau menghubungi nomor telepon yang sudah tersedia untuk berinteraksi langsung dengan costumer service, keuntungan sangat besar karna tidak harus mengeluarkan biaya promosi, cukup dengan mempublikasikan situs website, konsumen juga diuntungkan karena tidak perlu  datang secara langsung untuk mendapatkan Informasi.

Perkembangan Teknologi memberikan kemudahan untuk membantu setiap kegiatan manusia, dan salah satu pemanfaatan dunia  akan teknologi dan informasi adalah dengan hadirnya website Sistem Informasi yaitu penyajian Informasi yang memanfaatkan teknologi berbasis website yang memberi kemudahan dalam berkomunikasi antara produsen dan distributor.

Dari semua pembahasan di atas, dalam rangka peningkatan layanan dan pemasaran pada Perumahan Griya Pinang Hijau ini dan seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini maka penulis mengangkatnya sebagai judul Tugas Akhir yaitu:  “SISTEM INFORMASI PERUMAHAN BERBASIS WEBSITE PADA CV RIDHO KARYA MANDIRI BANDAR LAMPUNG”. berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang rancangan dan pembuatan sistem informasi  pemasaran CV. Ridho Karya Mandiri ini dengan berbasis website, dengan tujuan dapat mempublikasikan semua informasi pemasaran Perumahan yang ada, agar  dapat diketahui oleh masarakat luas dan dapat menarik hati konsumen untuk membeli atau mengkredit Rumah di CV Ridho Karya Mandiri.

1.2     Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas, muncul pertanyaan peneliti ”Bagaimana merancang aplikasi Sistem Informasi agar dapat membantu proses penyampaian informasi tentang perumahan yang ada pada CV. Ridho Karya Mandiri  Bandar Lampung, Adapun permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut :
a.    Area promosi yang hanya disekitar lokasi industri saja.
b.    Akses informasi tentang Perumahan belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
c.     Besarnya biaya promosi Perumahan untuk jangkauan kemasyarakat atau sewa tempat usaha yang terlalu tinggi.

1.3       Batasan Masalah
Batasan masalah dibuat untuk membatasi ruang lingkup yang diteliti agar tidak meluas menyimpang dari pokok masalah, Adapun batasan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.    Ruang lingkup subjek penelitian adalah Sistem Informasi Perumahan Berbasis Website Pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung.
b.    Ruang lingkup objek penelitian adalah pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung.
c.     Ruang lingkup waktu penelitian adalah tahun 2016
d.    Ruang lingkup ilmu adalah SIM (Sistem Informasi Manajemen), PSI (pengenalan sistem informasi), PTI (pengenalan teknologi informasi), metode penelitian, Flowchart (DAD, DFD) bahasa pemrograman PHP dan MySQL,  sistem basis data, dan perancangan aplikasi Xampp, Macromedia Dreamweaver 8.0, Mozilla Firefox, dan Adobe Photoshop CS3.

1.4       Tujuan dan Kegunaan
1.4.1     Tujuan
a.    Sebagai syarat dalam menyelesaikan program Diploma-3 (D-3) pada STMIK PRINGSEWU
b.     Membuat Rancangan Aplikasi  Sistem Informasi Pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung.

1.4.2      Kegunaan
a.    Bagi peneliti, dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapat selama menuntut ilmu di STMIK PRINGSEWU
b.    Bagi organisasi, diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pemasaran Perumahan pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung sehingga tidak terbatas pada daerah lokal atau sekitar industry saja.
c.     Bagi konsumen, manfaat dari dibuatnya sistem ini  memberikan kemudahan dalam mendapakan informasi tentang pemasaran produk atau Informasi rumah yang akan dibelinya.

1.5       Hipotesa
Setelah mengerti permasalahan yang ada maka diambil kesimpulan, dugaan sementara atas permasahan yang ada, yakni :
“Terbatasnya area promosi dan akses informasi serta besarnya biaya operasional menghambat pemasaran Perumahan pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung”.

1.6   Metodologi Penelitian
1.6.1 Jenis Penelitian
Berdasarkan jenis penelitian diatas penulis melakukan penelitian dengan cara  kualitatif.
Menurut (Sugiyono, 2009 :1) Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

Menurut Poerwandari (1998) penelitian kualitatif  adalah penelitian yang menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, seperti transkripsi wawancara , catatan lapangan, gambar, foto rekaman video dan lain-lain.
Menurut Denzin dan Lincoln (Moleong, 2007:5), Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan latar belakang alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode.

Dari pengertian diatas dapat di simpulkan bahwa penelitian kualitatif merupakan meneliti pada kondisi objek alamiah dan mengumpulkan data  dengan  cara bertatap muka langsung dan berintraksi  dengan orang yang ada di tempat penelitian.

1.6.2 Sumber data
1.6.1.1   Sumber data primer
Menurut (Widjono 2007:248) “Data primer adalah bukti penulisan yang diperoleh di lapangan yang dilakukan secara langsung oleh penulisnya”.
Menurut Umar (2003 : 56), data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan oleh peneliti sebagai obyek penulisan. Metode wawancara mendalam atau in-depth interview dipergunakan untuk memperoleh data dengan metode wawancara dengan narasumber yang akan diwawancarai

Menurut (Krusianto 2010:35) “Sumber data primer yaitu materi informasi yang diperoleh dari objek maupun mitra dari objek yang diteliti atau diamati”.
Dari pengertian di atas dapat penulis simpulkan bahwa data primer adalah bukti penulisan yang diperoleh di lapangan secara langsung oleh penulisnya yaitu berupa materi  informasi yang diperoleh dari objek yang diamati.
Misalnya dengan mewawancarai langsung pemasaran CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung tentang info Perumahan, cara pemngambilan kredit rumah, harga, pemasarannya, dan lain-lain.

1.6.2.2   Sumber data sekunder
Menurut (Rangkuti 2010 : 70) “Sumber data skunder yaitu data yang dikumpulkan secara tidak langsung,  dari sumber-sumber lain”.

Menurut Soewadji (2012:147) “Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen, publikasi yang sudah dalam bentuk jadi, serta diperoleh melalui bahan kepustakaan”.

Menurut Sugiyono (2005 : 62), data sekunder adalah data yang tidak langsung memberikan data kepada peneliti, misalnya penelitian harus melalui orang lain atau mencari melalui dokumen

Dari pengertian di atas dapat penulis simpulkan data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak lansung dari sumbernya tetapi berupa dokumen, publikasi yang sudah dalam bentuk jadi, serta diperoleh melalui bahan kepustakaan.
Misalnya peneliti bertanya kepada subjek penelitian tentang berapa banyak pelanggan yang telah membeli Rumah pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung berdasarkan buku dan catatan yang ada.

1.6.3    Metode pengumpulan data
1.6.3.1     Observasi
Menurut (Jogiyanto, 2008 : 89) “observasi merupakan teknik atau pendekatan untuk mendapat data primer dengan cara mengamati langsung objek datanya”.

Menurut  Basrowi (2012) observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara diteliti serta pencatatan secara sistematis. 

Menurut Arikunto (2010) observasi seringkali diartikan sebagai suatu aktiva yang sempit, yakni memperhatikan sesuatu dengan menggunakan mata. 
                                                                                                                              
Dari pengertian di atas dapat penulis simpulkan observasi adalah teknik atau pendekatan untuk mengumpulkan data dimana peneliti mengadakan pengamatan  dan pencatatan secara sistematik terhadap objek yang diteliti serta untuk mendapatkan data primer dengan cara mengamati langsung objek datanya.

Dalam metode ini penulis melakukan Penelitian langsung ke objek penelitian yaitu menemui langsung Direktur CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung untuk memperoleh informasi-informasi maupun sumber-sumber data yang diperlukan seperti data Luas Tanah dan bangunan perumahan dan Harga Rumah yang di pasarkan oleh CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung.

1.6.3.2  Dokumentasi
Menurut (Jogiyanto 2008:142) “Dokumentasi adalah pengumpulan data dengan cara mengumpulkan catatan hasil kerja”.
Menurut Sugiyono (2011 : 329-330) dokumentasi adalah catatan peristiwa yang sudah berlalu.

Menurut (Soewadji 2012:168) “Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi adalah cara mencari data atau informasi dari buku-buku, catatan-catatan, transkip, majalah, prasasti, notulen rapat, legger, agenda dan sebagainya. Teknik pengambilan data dengan metode ini dianggap lebih mudah dibanding dengan teknik pengumpulan data yang lain”.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa dokumentasi adalah pengumpulan data dengan cara mengumpulkan catatan hasil kerja berupa informasi dari buku-buku, catatan-catatan yang ada di subjek penelitian.
Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, penulis juga melihat dokumen-dokumen milik CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung, data yang dibutuhkan dari dokumen tersebut belum tercukupi (seperti gambar design dan foto-foto), maka dari itu penulis melakukan pengambilan gambar Rumah secara langsung.

1.6.3.3   Wawancara
Menurut (Soewadji 2012:152) Wawancara adalah cara atau teknik untuk mendapatkan informasi atau data dari responden dengan wawancara secara langsung (face to face), antara pewawancara dengan responden”.

Menurut Esterberg dalam Sugiyono (2011:231) wawancara merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikontruksikan makna dalam suatu topik tertentu.

Menurut (Jogiyanto 2012:90) “Wawancara (Interview) adalah komunikasi dua arah untuk medapatkan data dari responden. Wawancara (Interview) dapat berupa Wawancara Personal (Personal Interview), Wawancara Intersep (Intercept Interview), dan Wawancara Telepon (Telephone Interview)”.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa wawancara adalah komunikasi dua arah yang dilakukan untuk mendapatkan informasi atau data dari responden dengan wawancara secara langsung (face to face), antara pewawancara dengan responden.
Dalam metode ini penulis melakukan tanya jawab langsung dengan Pihak CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung. Adapun beberapa pertanyaan yang penulis ajukan untuk kelengkapan data antara lain:
1.    Bagaimana sejarah tentang CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung?
2.    Apa saja visi dan misi dari CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung?
3.     Bagaimana struktur Organisasi pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung?
4.    Bagaimana cara menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang Penjualan  atau kredit Perumahan pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung?
5.    Bagaimana sistem yang berjalan saat ini pada CV. Ridho Karya Mandiri Bandar Lampung?
1.6.3.4  Studi  pustaka
Dalam metode ini, penulis melakukan beberapa kajian dari buku-buku, dan beberapa jurnal yang berkaitan dengan penelitian diantaranya :
1.    Pengantar Sistem Informasi
2.    Pengantar Teknologi Informasis
3.    Metodologi Penelitian Sistem Informasi
4.    Pengantar Metodologi Penelitian
5.    Basis Data
6.    Pemrograman Basis Data Berbasis Website Menggunakan PHP & MySQL
7.    Analisis dan Perancangan Sistem Informasi.

1.6.4   Analisis data
Menurut (Munawaroh, 2012 : 83)  “Analisis data adalah pengolahan data dan penafsiran data yaitu rangkaian kegiatan penelaahan, pengelompokan, sistematisasi dan penafsiran data agar sebuah fenomena memiliki nilai sosial, akademis dan ilmiah”.

Menurut Taylor, (1975: 79) mendefinisikan analisis data sebagai proses yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis (ide) seperti yang disarankan dan sebagai usaha untuk memberikan bantuan dan tema pada hipotesis

Menurut Ardhana12 (dalam Lexy J. Moleong 2002: 103) menjelaskan bahwa analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikanya ke dalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan pengertian Analisis data adalah kegiatan analisis mengategorikan data untuk mendapatkan pola hubungan, tema, menafsirkan apa yang bermakna, serta menyampaikan atau melaporkannya kepada orang lain yang berminat.

1.7   Sistematika Penulisan
Secara umum isi dari penulisan Tugas Akhir ini terdiri dari beberapa bab, sesuai dengan aturan penulisan yang telah ditentukan. Isi dari bab tersebut sebagai berikut :
        BAB 1  PENDAHULUAN
Pendahuluan berisikan tentang latar belakang, permasalahan, batasan   masalah, tujuan dan kegunaan, hipotesa, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
        BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan pustaka berisikan definisi dan judul, penelitian terdahulu, contoh-contoh dan teori-teori yang mendukung obyek penelitian.
        BAB III  OBJEK  PENELITIAN
Penyajian profil berisikan tentang sejarah, struktur organisasi, menyajian sistem yang berjalan, DAD sistem yang sedang berjalan.  (kelebihan dan kebutuhan informasi yang dibutuhkan).
BAB IV  PEMBAHASAN   
Menggunakan model Waterfall  dan tahap pengembangan sistem. Perancangan sistem (tahap analisis, tahap design, perangkat pendukung, implementasi program, analisa sistem baru. (kelebihan dan kelemahan). 
        BAB V    PENUTUP
         Penutup berisi tentang simpulan dan keterbatasan serta rekomendasi.



DAFTAR PUSTAKA

Ahira, Anni. 2008. Pengenalan Pemrograman Web. Bandung.
C.J, Date. 2007.  Pengenalan Sistem Basis Data. Jakarta.
Davis, B Gordon. 2008. Kerangka Dasar SIM. Yogyakarta.
Efendy, Asep. 2009. Jago Manipulasi Photoshop. Yogyakarta.
Efistek, Com. 2009 Ilmu Pengetahuan Internet (IPI). Bandung.
Gordon. 2011. Mahir Basis Data. Yogyakarta.
Jogiyanto, H.M. 2008. Analisis Dan Desain Sistem Informasi , Yogyakarta.
____________. 2009. Pengenalan Komputer. Yogyakarta.
____________. 2008. Metodologi  Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta.
____________. 2009. Sistem Informasi Database. Yogyakarta.
Kristanto, Andi. 2007. Basis Data. Yogyakarta.
_____________. 2010. Privot Table Ekcel Untuk Membuat Laporan Analisis Data. Yogyakarta.
Kustiyahningsih, Anamisa.2011. Pemrograman Basis Data berbasis web menggunakan PHP & MySQL.Yogyakarta.
Nuraida, Ida. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran. Jakarta.
Madcoms. 2008. PHP dan MySQL untuk pemula. Jakarta.
Onno W. Purbo. 2005. E-commerce. Jakarta.
Rahabista, Ferdian. 2010. Aplikasi Content Managemen System (CMS). Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2010. Riset Pemasaran. Jakarta.
Riyanto. 2011. Membuat Sendiri Aplikasi E-commerce dengan PHP dan MySQL   Menggunakan kode Lg niter dan Jquery. Yogyakarta.

Scott, George M. 2008. Prinsip-Prinsip Sistem Informasi  Manajemen. Jakarta.
Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Bandung.
Sugiyono.  2009. Metode  Penelitian  Kuantitatif  dan  Kualitatif. Bandung.
Sutarbi, Tata. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta.
__________. 2004. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta.
Sutopo, H.B. 2009. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta.
Suyanto, M. 2009. Analisis dan desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Jakarta.

Tunardy, Wibowo. 2009. Internet. Yogyakarta.
Turban. 2008. Dasar Pemograman Web dengan ASP. Yogyakarta.
Yakub. 2012. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta.
Yeni, Kustiyaningsih. 2010. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta.



0 Response to "SISTEM INFORMASI PERUMAHAN BERBASIS WEBSITE PADA CV RIDHO KARYA MANDIRI BANDAR LAMPUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel