BAHAN DISKUSI KALIMAT EFEKTIF


Soal ini boleh dikerjakan secara berkelompok!
1.      Berbagai tantangan yang akan menghadang pembangunan di masa mendatang harus dapat diatasi oleh kita dengan kerja keras.

Dalam Bhs Indo jika pelaku dalam kalimat pasif berupa kata ganti orang, seperti saya, aku, kami, Anda, Saudara, dia, beliau, mereka, bentuk pasif ditandai dengan kata ganti orang sebagai pengganti imbuhan di-.      Karena kata ganti tersebut berfungsi sebagai pengganti awalan di-, letaknya harus sebelum kata kerja. Jika sebelum bentuk pasif persona itu terdapat keterangan, tentu saja letak keterangan itu harus lebih dahulu, dan tidak menyisip diantara  kata ganti orang dan kata kerja. Polanya adalah keterangan + pelaku + kata kerja.
Perbaikan kalimat  (1) adalah
Berbagai tantangan yang akan menghadang pembangunan pada masa yang akan datang harus dapat kita atasi dengan kerja keras.
2.      Sebenarnya, masalah hadiah Lebaran untuk para karyawan sudah dipikirkan dan sudah dirundingkan oleh kami sejabulan Ramadan tiba.
Perbaikan kalimat (2) adalah
Sebenarnya, masalah hadiah Lebaran untuk para karyawan sudah kami pikirkan dan kami rundingkan sejak bulan Ramadan tiba.
3.      Kami mohon maaf tidak bisa melaporkan seluruh pertandingan final ini karena masih banyak acara yang menarik lainnya yang akan disiarkan oleh kami.
Perbaikan kalimat (3) adalah
Kami mohon maaf tidak bisa melaporkan seluruh pertandingan final ini karena masih banyak acara menarik lainnya yang akan kami siarkan.
4.      Walaupun hukuman sangat berat, tetapi tampaknya pengedar ganja tidak gentar.
Pada (4) terdapat walaupun dan tetapi yang bertentangan, padahal padanan kata walaupun dan tetapi tidak serasi sehingga kalimat (4) menjadi tidak benar.
Perbaikan kalimat (4) adalah
Meskipun hukuman sangat berat, tampaknya pengedar ganja tidak gentar.
Hukuman sangat berat, tetapi tampaknya pengedar ganja tidak gentar.
Ada walaupun dan ada tetapi semua itu hanya sebagai penghubung anak kalimat.
5.      Dilihat secara keseluruhan, kegiatan usaha koperasi perikanan tampak semakin meningkat setelah adanya pembinaan yang lebih intensif, terarah, dan terpadu.
Dalam bahasa Indonesia kata-kata hubung jika, setelah,ketika, karena, bahwa dan yang sejenisnya harus digunakan secara gamblang di depan anak kalimat. Anak kalimat pada (5) adalah dilihat keseluruhan, kalimat (5) harus menggunakan kata penghubung jika atau kalau.
Perbaikan kalimat tersebut adalah
Jika dilihat secara keseluruhan, kegiatan usaha koperasi perikanan tampak semakin meningkat setelah adanya pembinaan yang lebih intensif, terarah, dan terpadu.
6.      Mendengar pesan itu, Ny. Rosita memohon kepada petugas, yaitu jika suaminya dipindahkan, ia diberi kabar.
Mendengar pesan itu merupakan anak kalimat, anak kalimat selalu didahului dengan kata setelah atau sesudah.
Kalimat (6) yang benar adalah
Setelah mendengar pesan itu, Ny. Rosita memohon kepada petugas, jika suaminya dipindahkan, agar ia diberi kabar.
7.      Sering digunakan untuk kejahatan, komputer itu kini dilengkapi pula dengan alat pengaman.
Pada kalimat (7) anak kalimatnya , yakni sering digunakan untuk kejahatan maka kalimat tersebut harus menggunakan kata penghubung karena. Jadi kalimat di atas yang benar adalah
Karena sering digunakan untuk kejahatan, komputer itu kini dilengkapi pula dengan alat pengamanan.
8.      Meskipun di setiap sudut bus kota ditulis “awas copet”,  namun masih saja terjadi korban kecopetan, terutama jika musim mengambil uang pensiun.
Kalimat yang benar adalah
a.       Meskipun di setiap sudut kota ditulis “awas copet”, masih saja terjadi korban kecopetan terutama jika musim mengambil uang pensiun.
b.      Di setiap sudut bus kota ditulis “awas copet”, tetapi masih saja terjadi korban kecopetan, terutama jika musim mengambil uang pensiun.
c.       Di setiap sudut kota ditulis “awas copet”. Namun, masih saja terjadi korban kecopetan, terutama jika musim mengambil uang pensiun.






0 Response to "BAHAN DISKUSI KALIMAT EFEKTIF"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel